Pengalaman Tes Masuk STP NHI BANDUNG 2018

Hello peeps!
Tak terasa hampir satu tahun sudah aku ninggalin dunia perblog-an (gaenak banget ya) dan kawan-kawannya. Akhirnya setelah melewati berbagai rintangan badai menghadang yang ada di masa-masa tingkat akhir, yaitu kelas 3 SMA. I can finally get back to dunia perblog-an dan medsos lainnya~


Oke langsung aja ke intinya ya. Di sini aku akan sharing pengalaman ikut tes STP NHI Bandung pada tanggal 16-19 April 2018.

Bagi kalian yang belum tahu STPB itu apa sih? jadi STPB itu adalah universitas, ya so pasti. Universitas di bawah Kementerian Pariwisata yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga-tenaga kerja profesional berstandar Internasional dalam bidang pariwisata tentunya. (gasia-sia ngapalin satu paragraf).

Nah kebetulan, bukan kebetulan juga yah. Aku nyungsep, nyungclup ke jurusan IPS SMA dan pastinya dimasa-masa akhir ini masih bingung mau jadi apa; gasuka matematika, ekonomi-- bukan gasuka kurang memahami tepatnya, dan menyukai Bahasa Inggris.


Makin bingung cari jurusan yang cocok apa? Tapi untung karena aku udah bikin postingan tentang cara tepat memilih jurusan, aku jadi terilhami buat milih jurusan yang sesuai dengan minat dan passion aku yaitu pariwisata (bisa di cek ya postingannya!)— bisa aja u promosi terselubung.

Oke lanjut, jadi aku mulai research tentang STPB dan jurusannya lalu aku terilhami untuk mengambil Adm. Perhotelan (berubah nama jadi HOA).

Biaya pendaftarannya itu Rp. 200.000 dan biaya kesehatan Rp. 325.000. Jadi ya jumlahnya Rp. 525.000 :')

Mari kita simak tahapan tes STPB yang aku jalanin~
Cokodott!!
Eh check it out!!

15 April 2018
1. Penjelasan Pemeriksaan Kesehatan
Di sini terbagi menjadi dua kelompok karena gelombang ke-1 ada 3000 orang yang daftar. Aku masuk ke kelompok dua dan datang ke STPB jam 3 sore.

Pada hari ini, kita dijelasin apa aja yang harus dibawa dan dipakai saat pemeriksaan kesehatan :  tentang kartu-kartu yang akan dikasih dan larangan memakai perhiasan seperti  batu akik, dsbg yang akan mengganggu kelancaran pemeriksaan (ngomong apa si w).

Intinya dijelasin semua hal penting mengenai pemeriksaan kesehatan, kalian bisa tulis di note tuh hal-hal pentingnya. Seinget hati nurani aku sih; gaboleh pakai celana jeans. Lebih baik pakai celana yang longgar dan atasan putih polos untuk pemeriksaan kesehatan.

So, di hari ini kegiatannya hanya penjelasan sebelum tesnya aja ya. Gawajib dateng kok, tapi berguna banget buat persiapan untuk hari-h tesnya. Karena kita bisa cek ruangan tes kita di mana dan tentunya ga perlu repot-repot cari ruang pas hari-h๐Ÿ˜ƒ

16 April 2018
2. Psikotes
Nah hari ini ada tes psikotes, yang pertama itu hitung cepat seperti 10-8, 9-7, 6+2, mudah kan? Tapi makin kesini soalnya makin rumit cuy! Jadi gakerasa habis waktu ngerjain yang rumit dan alhasil ngisinya sedikit *sad*.


Intinya kalian harus dapat manage waktu dengan baik. INI SERIUS PENTING GILAK-- karena kita ga dikasih tau berapa batas waktu untuk pengerjaan setiap soal.

Next, ada rangka-rangka bangun ruang,  kaya disamain gitu kalo rangka ini disatuin bakal jadi bangun ruang apa (ngerti ga? engga. ok). Pokonya ini udah kita pelajarin pas SD kok. Terus soal cerita matematika gitu, ngitung lagi dan ada soal verbal kaya sinonim dan antonim.

Dan yang terakhir ada tes wartegg dan tes gambar manusia, ini sih emang klasik dari tahun ke tahun selalu ada dan kalian gambar aja sesuai apa yang ada di pikiran kalian. Kalau mau dapat inspirasi bisa liat di youtube dan jangan lupa untuk gambar manusia secara asli, bukan kartun anime dsbg ya.

Setelah menggambar, jangan lupa isi nama, umur, dan aktivitas. Karena saya merupakan penghuni setia damri jadi aktivitas yang aku tulis adalah: menunggu damri di halte. ok.

17 April 2018
3. Tes Bahasa Inggris
Di sini aku kaget karena semua soalnya full Bahasa Inggris— yaeyalah. Dan kalau kalian udah menguasai grammar, vocabulary, ga masalah deh. Tapi kalau yang belum, kalian bisa download app tes bahasa Inggris gitu di AppStore, kalau aku download EnglishGrammarTest. Lumayan ngebantu dan tenang aja soalnya ga kaya sbmptn ko, masih bisa dijawab seperti level UN~

Dalam tes Bahasa Inggris ini sebagian besar merupakan pilihan ganda atau PG dan sisanya hanya ada soal isian dan soal cerita, cuma jawabannya banyak. Seinget aku satu soal cerita itu 5-10 jawaban yang harus diisi berdasarkan teksnya. So semangat!๐Ÿ˜Š


18 April 2018
4. Tes Kesehatan
Pemeriksaan kesehatan ada tes urine, tes fisik, bb/tb, mata, tekanan darah, rontgen dsbg. 

Kalian nanti dikasih kartu berwarna pink untuk perempuan dan biru untuk laki-laki. Awas jangan ada yang bingung tar ketuker. iyain aja.

Yang paling berkesan itu saat tes fisik, tenang yang perempuan diperiksa dokter perempuan juga kok. 6 orang langsung masuk dan dokternya langsung ngomong "buka baju dan celana kalian"  hmm cuget.

 

Dengan malu-malu pig kita buka baju dan celana kita hingga yang tersisa hanya daleman (like u kno what i mean) Tapi tenang aja sesama wanita ini kok. heh.

Kalau gasalah, ya berarti benar, pada tes hari ini aku kebagian jam 8 dan pulang jam 3 sore. Selama itu karena ngantrinya panjang ๐Ÿ™

19 April 2018
Wawancara
It's D-day, aku pikir ini sih tes yang sebenarnya dan paling deg-deg ser gimana gitu. Semua peserta pakai baju yang rapih dan cakep-cakep gile. Ada yang dikonde,  ada yang dipomade, pokoknya menawan dalam satu hari itu asli adanya.

Kita harus berpakaian sopan dan rapih, entah kenapa banyak yang pakai setelan hitam putih, sehingga saya terilhami untuk mengikutinya padahal selain warna hitam putih juga gapapa kok. cuma malu aja beda sendiri. but that's ok berani beda itu baik. ya kan. (mong opo?)

Pertama, kita harus tanda tangan kehadiran dulu lalu kita nunggu di luar bersama teman-teman seperjuangan jahaha.
 

Pewawancara nya ada dua orang dan kebetulan yang wawancara ruangan aku laki-laki dua-duanya. Nah kita tinggal tunggu aja nama kita dipanggil~

Saat nama aku dipanggil, aku langsung masuk ke ruangan dan pinternya semua yang udah aku hafalin sebelum masuk ruangan malah ambyar alias blank. Harusnya ketuk pintu dulu dan greeting, tapi karena terlalu grogi alhasil lupa. pinter kan.

Jadi aku langsung masuk senyum sedikit dan salam ke kedua pewawancara.

Jangan duduk sebelum dipersilakan dan selalu mengucapkan terima kasih jika ditanya atau dipersilakan sesuatu.

Berikut pertanyaannya (Full English) :
1. What's your name?
2. What should I call you?
2. Where did you know about STPB?
4. What's your expectation if you get accepted in HOA?
5. Tell me about Medan ( ini karena asal aku dari Medan, aku jelasin aja makanan, adat, destinasi pariwisata dan tentang suku Batak pastinya)
6. Why do you choose HOA?

Nah intinya itu dari pertanyaan-pertanyaan yang sudah ditanyakan akan merembet iya merembet lagi ke pertanyaan lain. Jawabnya harus pakai bahasa Inggris ya karena ditanyanya juga pakai bahasa Inggris. Kalau belum menguasai bahasa Inggris diusahakan jangan langsung bilang gabisa pak/bu, pakai bahasa Inggris dulu dikit aja dikit, biar keliatan usaha~

Nah dari pertanyaan-pertanyaan itu yang gabisa aku jawab adalah ekspektasi dari jurusan HOA, aku sempet bengong sebentar, pinter kan.


Karena yang aku bilang tadi, aku pilih pariwisata hanya bermodal suka bahasa Inggris dan belum begitu memiliki ambisi untuk pekerjaan di jurusan ini, honestly๐Ÿ˜ฅ.

Nah so the key is kalian harus tau secara lebih mendalam kenapa pilih jurusan itu, apa yang diharapkan jika kalian lulus nanti, dan apa sesuai dengan passion kalian. 
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pengumuman penerimaan bentar lagi nih tanggal 1 Mei tapi harapanku cielah harapanku akan STPB sepertinya sudah pupus karena hati nurani lebih menuju ke Unpad Nangor yang dekat-dekat aja. (lha lu juga belum tentu keterima STPB cuy) sumpah cibiru-setiabudhi deket lho๐Ÿ˜

Pokoknya semangat buat kalian yang dalam proses menunggu hasil penerimaan mahasiswa STPB semoga keterima semuanyaaaa! (Lha? Jadi biar apa tes?

Ya, pokoknya hasilnya yang terbaik buat kalian deh. Di mana pun itu, percaya itu udah rencana Tuhan yang terbaik. Good luck guys!


#Update : Sekarang aku udah di Ilmu Komunikasi Unpad, and I didn't get accepted maybe because the interview was such a mess. BUT you can learn from my experience here, prepare and learn much more about tourism in your area and of course your motivation too.

Comments

  1. haha thankyou for the information :D, I will have the test in STP Bali next week :"). dan sama banget modal suka bahasa inggris doang jadi minat huahah, tapi sekarang lagi usaha nyari2 info ttg prodi yang dicari, anw pas interview nggak ada pakek bahasa indonesia sama sekali ya?? :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi good luck ya!! Sebenernya suka bahasa inggris doang itu gamasalah, emang itu kan modalnya cuma harus diiringi sama minat dan pengetahuan pariwisatanya juga haha. Nah iya lebih bagus kalo dicari lagi info2 yg berhubungan dengan prodi yg dipilih terutama pil satu ya soalnya hampir semua pertanyaanku tertuju ke pil pertama. Iya dari awal sampai akhir emang pakai bahasa Inggris๐Ÿ˜‚ kecuali kalo dosen nya nanya pakai indo kita baru bales indo juga hehe

      Delete
    2. kak, kalo soal tinggi badan min. bearpa kak?

      Delete
  2. Halo,terimakasih buat pengalaman nya kak,kak mau nanya soal tes kesehatan dan tes fisik nih,buat laki laki apa sama kayak perempuan di suruh buka pakaian nya semua?dan buat kesehatan nya pada saat tes urine gimana penanganan dari pihak penyelenggara jika salah satu calon mahasiswa nya pernah menggunakan narkocoy?
    Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Setahuku tes fisik laki-laki itu ada tinggi dan berat badan trs di cek juga ada varises di kaki atau tato di bagian tubuh ya jadi (kayanya) harus buka baju juga. Kalau masalah tes urinenya yang pernah menggunakan narko aku belum tahu ya penanganan dr pihak penyelenggaranya gmn tp mungkin akan jadi bahan pertimbangan untuk stpb nya sendiri. Nah kamu bisa tanya aja masalah ini ke admin stpb lewat dm instagramnya ya๐Ÿ˜Š thx!

      Delete
    2. oh jadi kalo ada varises meskipun dikit gabakal lulus kak?

      Delete
  3. Thank you for your infomartion ,it's really helped me a lot
    kalo boleh nanya kak, disaat wawancara disuruh tell about your city(or something like that) itu dilihat dari asal tempat tinggal nya atau dari asal tempat lahir nya ya kak ? soalnya saya lahir di Sumedang,terus tinggal di Jakarta,lalu pindah ke Bandung,saya gak tahu harus ngebahas daerah yang mana

    dan juga boleh gak kak kalo saya bayar biaya kesehatan nya di sana kak?

    mohon pencerahannya kak

    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Your welcome Reinald:) great to hear that. Kalau aku diceritakan nya kampung halamanku dimana karena aku orang batak pastinya asalnya dari Medan hehe. Nah temenku juga begitu dia asalnya dari daerah jawa (namanya lupa lagi wkwk) dan ditanyain tentang daerah asalnya itu. Jadi fokus ke daerah asal kamu aja tapi nanti ada beberapa juga pertanyaan yang berhubungan dengan tempat tinggal kamu sekarang kaya nama hotel/tempat pariwisata di Bandung. Nah mengenai biaya kesehatan itu bisa di bayar langsung saat tes kesehatannya ya pas tes mandiri kemarin gatau kalau tes bersama nanti kan ada penjelasan kesehatan disitu dijelasin ko nanti

    ReplyDelete
  5. haii, trimakasih yaa ..kalo umur nanti ada ditanya ngak ya ? soalnya udah umur 22 nih heheh ��

    sama kalau bahasa inggrisnya kacau gmn ya ��

    ReplyDelete
  6. Hi:) kalau umur sih ga ditanyakan kak, cuma nanti cek aja ada batasan umurnya ga saat pendaftaran. Gapapa kak, boleh di campur kok pas interview walau Inggrisnya kacau tp wawasan pariwisatanya luas pasti bakal jd bahan pertimbangan๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  7. Gua juga ikut SBMPTNP kemarin di Bali. Masih nunggu pengumuman, udah keterima SNMPTN UB sih, tapi pilihan ke tiga malas banget dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wii congratss❣️ tinggal pilih aja deh mana yang lebih cocok kalo udah keterima snmptn gitu๐Ÿ˜Š

      Delete
  8. SNMPTN keterima jurusan apa?

    ReplyDelete
  9. haiii mau tanya dong ketentuan masuk nhi itu perlu SBMPTN/SNMPTN ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga kok ka ga perlu, kalo mau tau lebih lengkap ketentuan nya bisa di cek di website resmi stpbnya๐Ÿ˜Š

      Delete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. Kak mau tanya kalo misal daftar online buat mahasiswa baru tahun ajaran 2019-2020 itu biasanya dimulai dari bulan apa ya kak,kalo sekarang udah bisa daftar online belum ya ?
    Soalnya tadi saya cek web stp bandung yg baru bisa daftar itu cuma yang pasca sarjana
    Oiya biasanya kalo test mandiri ke STPB itu sesudah UN atau sebelum UN ya?
    Terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, maaf baru bales ya. Kalau tahun ajaran 19-20 gatau ya hehe cuma tahun kemarin itu dibuka sekitar bulan februari jadi silahkan terus di cek aja ya nanti bakal ada kolom pendaftaran untuk S1 kok kalau udah dibuka. Atau keep update di instagram resmi STPB aja untuk tahu informasi pendaftaran terbaru. Tahun kemarin tes mandirinya bulan april ya setelah UN :)

      Delete
  12. Hai sis... Thanks for information
    But saya mau nanya aku ig kk apa... Nanti saya nanya dari Dm boleh ngk ka..
    Saya angkatan 2018... Baru kepikiran buat ambil pariwisata disaat gagal sbm 18๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Boleh banget igku @mirandah2000 wih seangkatan dong hehe boleh langsung dm aku aja ya yang ingin nanya via dm ig. Soalnya igku di private hehe :))

      Delete
  13. Hai ka, Makasih baut informasinya.. Mau nanya kalo masuk stpb itu bisa lewat jalut snmptn atau engga? Terus kalo yang jalur sbmptnnya juga ada atau engga? Kalo kaka itu masuknya lewat jalur mandiri?. Makasih..... Mohon bantuan nya yaa ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  14. Haii! Karena STPB ini di bawah kementerian pariwisata jadi tes masuknya secara mandiri juga yaaa jadi tidak bisa melalui snmptn/sbmptn. Nah kecuali diluar stpb dengan jurusan pariwisata seperti upi/ universitas negeri lainnya baru bisa melalui snmptn maupun sbmptn :)

    ReplyDelete
  15. bisa saya tau alamat email anda? saya juga dari medan dan saya ingin bertanya banyak hal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, boleh email ke hotriamiranda@gmail.com yaa

      Delete
  16. Malam kak, nama saya ikbal saya mau tanya tentang tes kesehatan dan wawancara..

    Nah pas di tes kesehatan itu beneran full gak pake apa apa? Cuman daleman atau gimana soalnya ikbal sukanya pake kolor pendek banget tampa daleman :D and about intervieu ditanyanya apa aja kak? Please buat pacuan daftar biar gak terlalu nge blank pas jawabnya.. please kasih tau apa aja pertanyaan yg dilontarkan ke kakak.. soalnya buat referensi ikbal :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ikbal, kalau tes kesehatan cowok aku kurang tau ya. Tapi, kalau perempuan itu cuma daleman aja. Kayanya gamungkin naked juga ya hehe.
      Btw, semua pertanyaan inti saat interview udah aku tulis di blog di atas, boleh dibaca dengan detail ya. Makasih udah berkunjung, btw! Good luck.

      Delete
  17. Haii kakk nama saya Dinar. Itu kakak daftar nya tahun 2018 bulan apa ya?
    Hehe mohon maaf kalau kepo๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii tahun kemarin aku daftar awal February tanggal 7 ya

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Hai kakk aku mau nanya. Kan di tes kesehatan ada tes radiologi/rontgen ya kak dan tulang belakang aku skoliosis, nah itu gimana dong kak...):

    ReplyDelete
  20. Kak, tes kesehatan mata itu disuruh ngapain kak? Disuruh baca huruf dan angka dari kejauhan gitu? Trus berpengaruh bgt gk buat kelulusan tes nya? Soalnya mata aku minus kak, mohon jawabannya kak๐Ÿ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, maaf baru bales ya. Cek kesehatan mata engga baca dari kejauhan kok. Jadi baca dari buku gitu kaya tes buta warna, tau ga? Modelnya kaya begitu. Untuk minus, ada batas minusnya de, kalau ga melebihi batas minus kayanya gapapa. Good luck ya!

      Delete
  21. Mau tanya dong kalo yg lakek hijab itu mempengaruhi ga untuk keterima disana, terus apakah tinggi badan mempengaruhi? Ada batasan minimal tinggi kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo untuk hijab sepertinya ga mempengaruhi soalnya pendaftaran kemarin banyak juga yang menggunakan hijab :), batasan tinggi minimal gaada ketentuan sih kemarin, untuk tinggi kayanya cuma dijadikan bahan pertimbangan aja deh, yang terpenting kamu sehat dan lolos setiap tahapan tes. Good Luck!

      Delete
  22. Ka tanya, untuk tes fisik perempuan itu yang dilihat apanya? Kalau ada strechmark itu gimana? Berat badan harus ideal ga? Beda beda setiap jurusannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu aku gak ada persyaratan badan ideal dan lain sebagainya yang penting kondisi fisik kamu sehat :) atau boleh coba disearch lagi deh persyaratan setiap jurusannya hehe Gdluck

      Delete
  23. Kak di tes kesehatan apakah ada yg berhubungan dengan pemeriksaan gigi? Soalnya gigi saya ada yang berlubang. Apakah itu mempengaruhi hasil penilaian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm honestly aku kurang inget juga ada pemeriksaan gigi tapi kemarin cuma disuruh buka mulut doang and then di cek, apakah itu termasuk pemeriksaan gigi ya? hehe kalau gigi berlubang kayanya gaterlalu ngaruh deh karena terus terang mereka ga menyebutkan apakah pemeriksaan kesehatan berpengaruh terhadap penilaian jd aku bingung mau jawab gimana takut info salah :) jd coba googling ke web resmi yah. GdLuck!

      Delete
  24. Kak tes wawancara nya full b.ing apa nggak? sama minta id Ig nya mau tanya banyak soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, tes wawancara tergantung interviewernya kalau aku waktu itu full inggris tp temenku ada yg setengah indo dan inggris, ada juga yg full inggris.

      Delete
  25. Ka,username ig nya ganti ya,ko aku ngga nemu๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. Halo, sepertinya engga karena gaada ketentuan dari stpbnya sendiri. Tapi takut ada perubahan persyaratan coba di cek website stpbnya :)

      Delete
  27. kak saya mau tanya, kalau mata minus maksimumnya berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gasalah maks 2.75 ๐Ÿ˜Š coba cari informasi yg lebih resmi ya takut ada kekeliruan hehe

      Delete
  28. Kak mau nanya.kalo buta warna bisa keterima gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo sorry baru bisa reply yaa, aku kurang tahu bisa keterima or tidak karena aku bukan bagian juri or panitia penerima hehe but pengalaman kemarin itu aku ada tes buta warna yang mana mungkin tes ini jadi salah satu pertimbangan diterima atau tidaknya (tentunya ada pertimbangan lain juga karena terdiri dr beberapa tes). So, coba cari informasi valid terkait hal ini ke pihak resminya ya, good luck dan semangat terus! ๐Ÿ˜Š

      Delete
  29. Hi! Test kesehatan wanita apa aja sih? Kasih sedetail-detailnya ya kak hihi

    ReplyDelete
  30. Titanium Art | Shop our amazing selection of fine art and other
    Shop for Titanium Art at an affordable price. Get great deals at T-Mobile USA. Search titanium watch band through titanium dive knife our titanium body jewelry wide variety titanium chain of products for delivery titanium watch or pickup.$24.99

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

4 Tips Utama Memilih Jurusan Kuliah yang Baik dan Sesuai!