4 Tips Utama Memilih Jurusan Kuliah yang Baik dan Sesuai!

Tips Memilih Jurusan yang Baik dan sesuai!


Source : Pixar Post

Jadi kali ini, aku mau bahas tentang gimana sih memilih jurusan yang tepat buat kamu dan nantinya gaakan merugikan atau membuat kamu nyesel di masa depan~

Pemilihan jurusan harus direncanakan secara matang-matang ya! Jangan sampai hanya karena sedang jadi trend saat ini, rasa gengsi atau karena teman-teman kamu banyak yang memilih jurusan itu.

Ataupun seperti kebanyakan peristiwa, karena orang tua kamu ingin kamu menjadi 'sesuatu' lalu memaksakan kamu memilih jurusan tertentu, tapi jurusan itu bukan yang kamu cita-citakan dan yang kamu sukai. Atau atau atau, karena cuma ingin dianggap keren uhuy!

Ingat! jurusan yang kamu pilih nantinya akan menentukan masa depan kamu ya, jangan sampai kamu salah milih jurusan karena cuma ikut-ikutan temen hehe. Temen-temen kamu gaakan tanggung jawab loh kalau akhirnya di masa depan kamu menyesal milih jurusan itu.


Jadi berikut ini tips memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan, minat, dan bakat kamu:

1. Sesuaikan Cita-Cita, Minat, dan Potensi Diri! 

Untuk kalian yang sudah memiliki cita cita tertentu ingin jadi apa kedepannya, maka lihatlah jurusan yang akan membawa kamu ke tujuan atau cita cita yang kamu inginkan.


Jika kamu bercita cita menjadi seorang penyiar radio maka pilihlah jurusan Ilmu Komunikasi atau jurusan lainnya yang sesuai dengan cita cita kamu. Jangan memilih jurusan akuntansi, hukum, atau sebagainya yang tidak sesuai dengan cita-cita kamu tersebut.

Jurusan yang kamu pilih tidak hanya disesuaikan dengan cita-cita kamu saja ya, tapi juga dengan minat!

Coba gali lebih dalam, minat kamu dimana? Pelajaran mana yang paling kamu sukai? Hal-hal apa yang bikin kamu tertarik?

Contohnya nih ya, kamu menyukai Bahasa Inggris, sangat suka berbicara, dan senang travelling, maka obviously jangan memilih jurusan teknik sipil~

Dan juga sebaliknya, jika kamu menyukai hal-hal seputar dunia internasional, tertarik dengan berbagai hal mengenai kondisi politik, ekonomi, budaya dari berbagai negara maka pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat kamu itu.

Memilih jurusan, bukan hanya tertuju pada keinginan atau angan-angan kamu saja, karena jika kamu tidak memiliki minat akan hal itu maka semuanya akan sia-sia.

Contohnya jika kamu bercita-cita ingin menjadi seorang akuntan, tetapi kamu tidak suka menghitung. Sangat tidak sinkron bukan?


Jadi, cita-cita dan minat harus disesuaikan untuk memilih jurusan yang tepat ya.

Selanjutnya, adalah mengembangkan potensi diri yang sudah ada. Jika kamu sudah bercita-cita dan menyukai suatu jurusan tertentu akan sangat baik pula jika kamu mengembangkan bakat dan potensi diri yang sudah ada.

Jika kamu memilih jurusan Seni Musik dan sudah sesuai dengan minat dan cita cita kamu. Maka kembangkanlah bakat kamu dalam hal yang berhubungan dengan jurusan yang kamu pilih.

Mengembangkan potensi diri yang ada, disertai rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan akan menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

2. Research, Research, Research!

Untuk memilih jurusan yang baik, carilah berbagai informasi mengenai jurusan tersebut dari berbagai sumber.
Gali informasi mengenai jurusan tersebut, prospek kedepannya seperti apa, apakah jurusan tersebut bagus untuk masa depan? dan apa saja yang akan kita pelajari pada jurusan tersebut?

Sumber yang paling efektif saat ini adalah internet, melalui internet kamu dapat bebas menggali informasi tentang jurusan yang kamu pilih. Kamu pun bisa bertanya pada kaka-kaka senior yang sudah masuk ke jurusan yang kamu inginkan, jangan malu untuk bertanya ya! Karena pengalaman  dari kaka-kaka ini akan sangat membantu untuk mempertimbangkan jurusan mana yang akan kamu pilih.


Jika kamu berminat memilih jurusan Pariwisata, maka coba gali informasi mengenai jurusan tersebut, apa yang akan kita pelajari nanti, prospek kedepannya apakah sesuai dengan cita cita kita?

Dan jangan ragu bertanya pada orang orang yang sudah masuk terlebih dahulu ke jurusan dan Universitas yang kamu inginkan. Informasi dari orang-orang yang sudah masuk jurusan tersebut tentunya memiliki informasi yang lebih real karena mereka sudah mempelajarinya.

Dari informasi yang diperoleh, kita dapat mengetahui apakah jurusan tersebut benar-benar apa yang kita inginkan dan yang kita mampu.

3. Daya Tampung Jurusan

Daya tampung jurusan merupakan salah satu faktor yang penting dalam memilih jurusan. Daya tampung jurusan di setiap Universitas berbeda-beda. Pada umumnya, setiap jurusan memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang.

Coba cari di internet mengenai daya tampung jurusan yang kamu mau dan berapa banyak peminatnya, dari situ kamu akan mengetahui seberapa besar peluang kamu untuk masuk jurusan tersebut.

Contohnya, berdasarkan daya tampung Jurusan Ilmu Hukum Unpad cukup besar yaitu 228, tetapi peminatnya juga sangat banyak.

Ingat! Kamu bersaing dengan seluruh pelajar di Indonesia, semuanya memiliki motivasi masing masing, jadi usahakan jangan membebani diri dengan target masuk ke jurusan dan Universitas tertentu, bisa-bisa kamu stress jika keinginan itu tidak terpenuhi~

Jadi usahakan jangan hanya berpatok pada satu jurusan dan satu Universitas saja, tapi cobalah cari kembali jurusan lainnya yang mungkin sesuai dengan minat, cita cita, dan potensi kamu. Cobalah lebih terbuka terhadap berbagai pilihan!

Coba cari universitas-universitas lain yang ada sehingga kamu masih memiliki istilahnya cadangan, jika kamu tidak diterima di salah satu universitas (misalnya).

Begitu juga dengan jurusan, jika kamu mendaftar pada jalur SNMPTN atau jalur undangan, selain dengan disesuaikan dengan minat dan cita cita, sesuaikan juga dengan nilai dan prestasi yang kamu raih ya.

Cobalah memilih satu jurusan yang sangat kamu minati dan cita-citakan. Dan satu lagi yang sesuai dengan minat dan potensi kamu atau dibawah potensi kamu.
(pokoknya jurusan yang kira-kira memiliki peluang besar kamu masuk ke jurusan itu) ngerti ga? let's make an example then.

Contohnya saya memilih jurusan favorit yang saya inginkan yaitu Hubungan Internasional. Lalu saya memilih jurusan lain yang sesuai dengan kemampuan dan minat saya seperti Sastra Inggris dan MRL.

Tapi jurusan lain tersebut jangan juga dianggap sebagai cadangan saja ya, ketiga jurusan ini harus sesuai dengan minat, cita cita dan kemampuan kamu tapi prioritaskan jurusan yang sangat kamu inginkan dan yang kamu minati.

Jangan dulu minder dan pasrah karena sudah takut duluan tidak keterima ya! Setidaknya kamu sudah mencoba, jika hasilnya tidak sesuai keinginan maka kamu masih bisa mencoba jalur SBMPTN yaitu ujian tulis.


Jadi jangan hanya mengandalkan jalur undangan ya, tapi dari sekarang apalagi masih semester awal kelas 3, cobalah untuk mengerjakan soal-soal SBMPTN atau mempelajari materi-materi yang akan diuji. Sepengetahuan saya peluang masuk melalui jalur SBMPTN itu lebih banyak loh, jangan sampai kamu menyesal karena tidak belajar dan mempersiapkan diri dengan baik saat masih semester-semester awal dan akhir.

4. Pekerjaan dan Karier di Masa Depan

Perhatikan apakah jurusan kamu bagus untuk masa depan?
Apakah banyak lapangan kerja yang membutuhkan jurusan yang kamu pilih?.
Cobalah kombinasikan antara minat, cita cita, bakat dan prospek karier yang bagus untuk masa depan kamu.

Sebagai contoh, jurusan yang diminati saat ini adalah akuntansi karena setiap instansi perusahaan membutuhkan lulusan akuntansi. Tapi cobalah tanya pada diri kamu, apakah akuntansi sesuai dengan cita cita, minat dan bakat kamu? Jika tidak, pilihlah yang sesuai dengan kamu, tetapi jika ya pilihlah jurusan tersebut.

Kita juga tidak boleh judge suatu jurusan ya :
"lah jurusan itu ntar kerja jadi apa? "
"ah paling lo cuma bisa jadi blablabla"
"ko ga milih jurusan blablabla kan favorit tuh"


Jangan membanding-bandingkan atau meremehkan suatu jurusan, karena setiap jurusan memiliki kelebihan di bidang nya masing masing.

Harus kita tahu bahwa belum tentu hanya orang-orang dari suatu jurusan yang dapat bekerja pada profesi tertentu. Saat ini, pada umumnya rekruitmen perusahaan tidak melihat dari latar belakang pendidikan saja loh, namun juga pengalaman, keberanian, kompetensi, dan kemampuan diri yang jauh di atas orang lain akan menjadi faktor penentu rekruitmen.
Maka, jurusan apa saja yang ia pilih sah-sah saja. Bahkan banyak pengalaman orang yang jurusannya apa dan dia kerjanya apa haha Tapi lebih baik untuk sesuai dengan jurusan agar lebih jelas karena kamu sudah mempelajarinya~

Oke, segitu aja ya tips dari aku, semua ini hanya tips jadi keputusan balik lagi ke diri kalian ya guys~

Goodluck y'll😊




Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Tes Masuk STP NHI BANDUNG 2018